KURIKULM

KURIKULUM SMATA GARUDA _______

SMA Taruna Garuda Bali menggunakan Kurikulum 2013 (K13). K13 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut kompetensi yang bersifat multidimensi. Tuntutan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik tidak hanya terbatas pada ranah kognitif saja. Kurikulum 2013 juga menuntuk pembentukan karakter peserta didik. Selain pembentukan nilai karakter, kurikulum 2013 juga menuntut capaian kompetensi pada sikap spiritual dan keterampilan (psikomotor). Hal ini diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang unggul. Tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, peserta didik juga diharapkan memiliki nilai, sikap, karakter, dan keterampilan. Hal itu sejalan juga dengan tujuan SMA Taruna Garuda Bali yang menjadikan pembangunan karakter menjadi aspek utama sebelum pengembangan kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan lainnya.

Untuk mendapatkan hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang menjadi tuntutan dalam Kurikulum 2013, SMA Taruna Garuda Bali memberikan pembelajaran berbasis Project Base Learning (PBL) kepada siswa. Hasil Project itu nantinya akan mencerminkan sikap individu maupun kolaborasi, pengetahuan mereka atas materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan tentunya mencerminkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan project yang diberikan guru.

Penilaian pada kurikulum 2013 terbagi menjadi 3, yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan.

  1. Penilaian Sikap terdiri atas :
  • Observasi dari guru bidang studi
  • Penilaian diri sendiri
  • Penilaian teman sejawat
  • Jurnal penilaian dari guru bidang studi tentang sikap siswa secara umum.
  1. Penilaian Keterampilan terdiri dari :
  • Penilaian Praktik
  • Penilaian Proyek
  • Penilaian Portofolio
  1. Penilaan Pengetahuan terdiri dari
  • Ujian tertulis (Essay dan Objektif)
  • Ujian lisan
  • Tugas

Evaluasi pembelajaran dalam setiap semester dilaksanakan sebagai berikut :

  1. Ulangan Harian 1
  2. Penilaian Tengah Semester
  3. Ulangan Harian 2
  4. Penilaian Akhir Semester

Yang mana setiap hasil penilaian itu akan menghasilkan hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan keseluruhannya tidak hanya akan disampaikan kepada Taruna/i yang bersangkutan tetapi juga kepada orang tua/ wali Taruna/i. Hal ini bertujuan untuk memberikan bahan evaluasi kepada Taruna/i dan orang tua/wali agar bisa terus meningkatkan prestasi.

STRUKTUR KURIKULUM SMATA GARUDA _______

Mata Pelajaran Alokasi Waktu Per Minggu
Kelas X Kelas XI Kelas XII
I. Kelompok A (Wajib)
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2
3 Bahasa Indonesia 4 4 4
4 Matematika 4 4 4
5 Sejarah Indonesia 2 2 2
6 Bahasa Inggris 2 2 2
II. Kelompok B (Wajib)
7 Seni Budaya 2 2 2
8 Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 3 3 3
9 Prakarya dan Kewirausahaan 2 2 2
10 Bahasa Bali 2 2 2
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B 26 26 26
III. Kelompok C (Peminatan)
I. Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
1 Matematika 3 4 4
2 Biologi 3 4 4
3 Kimia 3 4 4
4 Fisika 3 4 4
Jumlah Jam Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 12 16 16
II. Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial
1 Geografi 3 4 4
2 Sejarah 3 4 4
3 Sosiologi 3 4 4
4 Ekonomi 3 4 4
Jumlah Jam Peminatan  Ilmu Pengetahuan Sosial 12 16 16
IV. Mata Pelajaran Pilihan *
1 Pendidikan Bela Negara 2 - -
2 Pendidikan Kesamaptaan - 2 -
3 English Conversation 2 2 2
4 Informatika 2 2 2
5 Bahasa Jepang 2 2 2
Jumlah Jam Mata Pelajaran Pilihan 8 8 6
Jumlah Alokasi Waktu/Minggu 46 50 48