SMA Taruna Garuda Bali menggunakan Kurikulum 2013 (K13). K13 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang menuntut kompetensi yang bersifat multidimensi. Tuntutan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik tidak hanya terbatas pada ranah kognitif saja. Kurikulum 2013 juga menuntuk pembentukan karakter peserta didik. Selain pembentukan nilai karakter, kurikulum 2013 juga menuntut capaian kompetensi pada sikap spiritual dan keterampilan (psikomotor). Hal ini diharapkan dapat membentuk peserta didik menjadi manusia yang unggul. Tidak hanya cerdas dalam ilmu pengetahuan, peserta didik juga diharapkan memiliki nilai, sikap, karakter, dan keterampilan. Hal itu sejalan juga dengan tujuan SMA Taruna Garuda Bali yang menjadikan pembangunan karakter menjadi aspek utama sebelum pengembangan kecerdasan, keterampilan, dan kemampuan lainnya.
Untuk mendapatkan hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang menjadi tuntutan dalam Kurikulum 2013, SMA Taruna Garuda Bali memberikan pembelajaran berbasis Project Base Learning (PBL) kepada siswa. Hasil Project itu nantinya akan mencerminkan sikap individu maupun kolaborasi, pengetahuan mereka atas materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, dan tentunya mencerminkan keterampilan mereka dalam menyelesaikan project yang diberikan guru.
Penilaian pada kurikulum 2013 terbagi menjadi 3, yaitu sikap, keterampilan dan pengetahuan.
Evaluasi pembelajaran dalam setiap semester dilaksanakan sebagai berikut :
Yang mana setiap hasil penilaian itu akan menghasilkan hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dan keseluruhannya tidak hanya akan disampaikan kepada Taruna/i yang bersangkutan tetapi juga kepada orang tua/ wali Taruna/i. Hal ini bertujuan untuk memberikan bahan evaluasi kepada Taruna/i dan orang tua/wali agar bisa terus meningkatkan prestasi.
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Per Minggu | |||
Kelas X | Kelas XI | Kelas XII | ||
I. Kelompok A (Wajib) | ||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 3 | 3 | 3 |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4 | Matematika | 4 | 4 | 4 |
5 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 |
6 | Bahasa Inggris | 2 | 2 | 2 |
II. Kelompok B (Wajib) | ||||
7 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
8 | Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | 3 | 3 | 3 |
9 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 |
10 | Bahasa Bali | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Jam Pelajaran Kelompok A dan B | 26 | 26 | 26 | |
III. Kelompok C (Peminatan) | ||||
I. Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | ||||
1 | Matematika | 3 | 4 | 4 |
2 | Biologi | 3 | 4 | 4 |
3 | Kimia | 3 | 4 | 4 |
4 | Fisika | 3 | 4 | 4 |
Jumlah Jam Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | 12 | 16 | 16 | |
II. Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||
1 | Geografi | 3 | 4 | 4 |
2 | Sejarah | 3 | 4 | 4 |
3 | Sosiologi | 3 | 4 | 4 |
4 | Ekonomi | 3 | 4 | 4 |
Jumlah Jam Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial | 12 | 16 | 16 | |
IV. Mata Pelajaran Pilihan * | ||||
1 | Pendidikan Bela Negara | 2 | - | - |
2 | Pendidikan Kesamaptaan | - | 2 | - |
3 | English Conversation | 2 | 2 | 2 |
4 | Informatika | 2 | 2 | 2 |
5 | Bahasa Jepang | 2 | 2 | 2 |
Jumlah Jam Mata Pelajaran Pilihan | 8 | 8 | 6 | |
Jumlah Alokasi Waktu/Minggu | 46 | 50 | 48 |
“Negeri ini, Republik Indonesia, bukanlah milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu kelompok etnis, bukan juga milik suatu adat-istiadat tertentu, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”
Ir. Soekarno
Presiden RI
Kontak & Informasi
Layanan Informasi Sekolah 081337110909
Design By Tim IT SMATAGARUDA.
Copyright © 2022. All rights reserved.