Q & A

Daftar Pertanyaan yang sering ditanyakan:

Apakah status sekolah ini negeri atau swasta?

SWASTA di bawah naungan Yayasan Pendidikan yang terdaftar di Dinas Pendidikan Provinsi Bali. SMA Taruna Garuda Bali didirikan tahun 2020 dan operasional Angkatan 1 di tahun 2021. Akreditasi baru dapat dilakukan ketika telah meluluskan angkatan pertama karena merupakan bagian dari penilaian 8 Standar Pendidikan Nasional (SNP) saat akreditasi.

Apakah menerapkan Asrama?

Untuk asrama kami tidak menerapkan, taruna/i dari luar kota dapat tinggal di kos dekat dengan sekolah seperti angkatan lainnya

Tersedia jurusan apa saja?

IPA/MIPA dan IPS

Apasaja Program Ketarunaan dan Program Khusus yang dimiliki?

Sekolah Ketarunaan Relevan Kurikulum Taruna Terbaik di Bali

PROGRAM KETARUNAAN

Pendidikan Dasar Kepemimpinan (PDK) dilaksanakan setelah MPLS

Taruna Mengajar

Taruna Mengabdi

Study in Institution

Study in Government

Ketua Kelas Berganti setiap minggu

 

PROGRAM KHUSUS

GARUDA: Persiapan & latihan berbagai test Abdi Negara dan Sekolah Kedinasan

Elite Class: Persiapan ANBK

Epic Class: Persiapan UTBK SNMPTN

Kewirausahaan (Entrepreneurship): Pengembangan potensi Kewirausahaan sebagai bekal  Alumni

Bagaimana kualifikasi tenaga pendidiknya?

Tenaga Pendidik Profesional linear dengan mata pelajaran yang didapatkan. Pendidikan Ketarunaan, Bela Negara, Samapta dan Kewarganegaraan dibina langsung oleh TNI Angkatan Darat Rindam IX/Udayana Tabanan.

Bagaimana untuk pemeriksaan Kesehatan taruna yang ingin mengikuti program seleksi abdi negara dan sekolah kedinasan?

Sekolah telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Angkatan Darat Tk. II Udayana dalam cek Kesehatan untuk kebutuhan seleksi abdi negara dan sekolah kedinasan

Apakah alumni secara otomatis lolos seleksi Abdi Negara seperti Polisi, TNI atau Akmil, Akpol dan sekolah kedinasan yang diinginkan?

Tidak otomatis diterima, semua alumni tetap mengikuti semua seleksi.

Namun alumni SMA Taruna Garuda lebih siap karena sudah terlatih dan terbiasa.

Saat Pendidikan menjadi siswa, dapat mengikuti Program Khusus Garuda untuk persiapannya

Apakah setelah lulus bisa ikut seleksi PTN?

Bisa, dapat mengikuti program khsuus Epic Class pembinaan seleksi PTN

Apa saja Ekstrakurikuler yang ada di sekolah?

▪️Marchingband

▪️Paskibraka

▪️Pramuka (saka dirgantara)

▪️Lensa Garuda (video fotografi)

▪️Jurnalistik

▪️Modern dance

▪️Tari (bali)

▪️English club

▪️Olahraga (futsal, volly, bulutangkis)

▪️Judo

Dimanakah alamat/lokasi sekolah SMA Taruna Garuda?

Jl. I Gusti Ngurah Rai No. 52 Mengwi, Badung, Bali (selatan Pura Taman Ayun) Ikuti MAPS berikut https://bit.ly/3huKHNW

Berapa nomor wa yang bisa dihubungi?

081337110909 Admin Hana

081337337677 Admin Ode

Apa alamat email SMA Taruna Garuda?
Apa saja socmed sekolah?

PENERIMAAN TARUNA/I BARU

Apa syarat mendaftar di SMA Taruna Garuda ?

Warga Negara Indonesia (WNI) usia maksimal 17 tahun pada saat batas akhir pendaftaran.

Siswa Kelas IX tahun pelajaran 2022/2023 atau siswa yang lulus tahun pelajaran 2021/2022.

Tinggi badan minimal 150 cm untuk laki-laki dan 145 cm untuk perempuan.

Tidak bertato.

Tidak bertindik untuk siswa laki-laki.

Sehat jasmani dan rohani.

Rata-rata nilai rapor terahir minimal 70.

Bersedia membayar biaya pendidikan sesuai ketentuan.

Mengisi formulir pendaftaran online pada (LINK)

Menjawab soal2 pada formulir pendaftaran online

Apakah ada test fisik yang harus dilaksanakan di awal?

Untuk pendaftaran di awal tidak ada test fisik. Karena siswa yang berminat dsini tidak hanya menargetkan abdi negara/sekolah kedinasan saja, tapi juga ada yang berkeinginan melanjutkan ke PTN dan wirausaha.

Jadi cek fisik akan dilaksanakan bagi siswa yang berminat saja di program Garuda yang akan ditempuh pada kelas XI

Bagaimana cara mendaftar?

Pendaftaran dilakukan secara online pada link berikut https://s.id/PPDBSMAT23

Isi form dengan data yang benar, pastikan EMAIL AKTIF dan Nomor Whatsapp AKTIF – pada data siswa dan orang tua

Kapan periode Daftar Ulang sekolah?
  •  Gelombang 1 : 22 Agustus – 22 November 2022
  • Gelombang 2 : 22 November 2022 – 28 Februari 2023
  • Gelombang 3 : 1 Maret – 10 Juli 2023
Berapa biaya pendaftaran online?

GRATIS

Bagaimana teknis Daftar ulang?

Daftar ulang yakni melakukan pembayaran biaya sekolah kemudian langsung ukur seragam

📌 Bagi siswa Luar Provinsi Bali

Administrasi daftar ulang dapat dilakukan secara Transfer dan kami akan kirimkan SOP Pengukuran Seragam dari rumah masing masing

Bank BRI (Kode: 002) No Rek. 036801003125304 a/n Yayasan Pendidikan Pratisara Indonesia

📌 Bagi siswa yang berdomisili Bali

Administrasi dapat dilakukan dengan datang langsung ke sekolah lalu mengukur seragam langsung

Atau bisa juga melalui transfer bila lokasi di Kota/Kabupaten lain

Berapa biaya Daftar ulang apabila telah dinyatakan lulus?

Setelah daftar dan dinyatakan Lulus maka membayar biaya daftar ulang dalam 2 TAHAP sebagai berikut: 

-Tahap 1 sebesar Rp.3.000.000, –  ukur seragam

-Tahap 2 berbeda di setiap Gelombang (dibayarkan maksimal pada 30 November 2023) sebagai berikut:

  o Gel 1 : Rp. 1.200.000

  o Gel 2 : Rp. 1.700.000

  o Gel 3 : Rp. 2.200.000

Apa saja Fasilitas yang didapatkan pada Biaya Daftar Ulang (Pangkal)?

– Seragam 15 set

– Pengembangan kurikulum

– Pendidikan Dasar Kepemimpinan (PDK)

– MPLS

– Uang Gedung untuk 3 tahun

– Incld SPP Bulan Juli 2023

Apa saja biaya lain selain biaya Daftar ulang (Pangkal)?

Biaya lain selain Uang Pangkal

SPP 300rb/bln

Ujian Akhir Semester 150rb/semester

Ekstrakurikuler 300rb/semester

Kegiatan study in institution and goverment 150rb/semester (uang transport 1-3x kegiatan/semester)

Kegiatan taruna mengajar/mengabdi 250rb/thn (uang transport dan makan 1x kegiatan/tahun)

Note:

  1. apabila ada perubahan akan diinformasikan kemudian
  2. Dan apabila ada kegiatan2 lainnya yang membutuhkan biaya maka akan diinformasikan jauh hari melalui surat
Setelah lulus seleksi, apa saja administrasi yang harus dipersiapkan?

Dokumen Daftar Ulang (Disiapkan Saat Masuk Sekolah)

  1. Fotocopy Rapor semester 3, 4, dan 5.
  2. Fotocopy Ijazah (bagi lulusan tahun pelajaran 2020/2021).
  3. Fotocopy Akta Kelahiran dan KK.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  5. Surat Kelakuan Baik (SKB) dari sekolah asal.

6. Sertifikat / Piagam Penghargaan (Jika memiliki).

Apakah menerima siswa pindahan?

Menerima. Dengan syarat harus dari jenjang yang sama dengan sebelumnya, misal ingin pindah di kelas XI MIPA maka sebelumnya harus dari jenjang XI MIPA

Apakah syarat siswa pindahan?

SYARAT PENDAFTARAN SISWA PINDAHAN:

  1. Berasal dari SMAN/SMAS sederajat
  2. Memenuhi surat keterangan pindah dari sekolah asal
  3. Memenuhin surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah asal
  4. Jika berasal dari SMK sederajat maka wajib mengulang dari kelas X
  5. Siswa pindahan wajib mengikuti Pelantikan sebagai siswa pada bulan Juli 2023 bersama siswa Baru calon kelas X lainnya untuk dapat mengenakan Atribut tambahan sekolahMenjawab soal-soal pada formulir pendaftaran online
Bagaimana cara daftar siswa pindahan?

https://smatarunagarudabali.com/siswapindahan/ Isi form dengan data yang benar, pastikan EMAIL AKTIF dan Nomor Whatsapp AKTIF – pada data siswa dan orang tua